oleh

Sampah Menjadi Tanggung Jawab Bersama

-Berita-240 views

AWIINEWS~Sidoarjo

Masih tingginya volume sampah ditengah masyarakat menjadi kewajiban kita bersama untuk ikut mengatasinya. Tidak membuang Sampah ditempat sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu perilaku yang patut dicontoh. Bahkan, dalam pengelolaan sampah dan retribusi layanan persampahan/kebersihan sudah diatur dalam Perda nomer 6 tahun 2012.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo Feri Prasetyo menjelaskan, bahwa Perda no 6 tahun 2012 itu sudah kita sosialisasikan melalui camat-camat dan desa.

Dalam pengelolaan dan layanan persampahan di TPS (tempat pembuangan sampah) terkait dengan retribusi ada dasarnya berupa Perda. ” Kita ingin meningkatkan pelayanan persampahan dan kebersihan sesuai yang diatur Perda tersebut,” jelas Feri.

Diterangkannya, dalam hal pengelolaan sampah dari sumber sampah ke TPS itu menjadi tanggungjawab Lembaga Pengelola Sampah yang ada di RT,RW dan Desa.” Jadi iuran sampah kepada warga/KK yang ditentukan didalam Perda yaitu antara Rp 2 ribu hingga Rp.5 ribu dan yang mengelola Lembaga Pengelola Sampah di tingkat RT,RW/Desa. Iuran itu misalnya, untuk membayar tenaga penggledek sampah, untuk menyediakan tempat sampah.” katanya.

Maka diharapkan dengan begitu masyarakat bisa tahu ada hak dan kewajiban yang sama, haknya terlayani sampahnya, kewajiban iurannya juga berjalan. ” Dan masyarakat diharapkan bisa memahami terkait dengan pelayanan sampah sampai ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir), dari rumah ke TPST sampai ke TPA.”kata Feri.(HRN)

Feri Prasetyo Kabid Kebersihan DLHK Sidoarjo
Feri Prasetyo Kabid Kebersihan DLHK Sidoarjo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed