oleh

PELANTIKAN TARUNA BARU POLTEK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO ANGKATAN XXII Tahun 2019/2020.

PELANTIKAN TARUNA BARU POLTEK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO ANGKATAN XXII Tahun 2019/2020.

AWIINEWS – SIDOARJO, Jawa Timur
Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo pada hari Minggu 15 Desember 2019 melaksanakan kegiatan Pelantikan Taruna Baru Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Angkatan XXII Tahun Akademik 2019/2020 di Lapangan upacara Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Desa Buncitan, Sedati – Sidoarjo.

Pelantikan ini sangat penting sebagai langkah awal dari Calon Taruna menjadi Taruna. Jumlah Peserta Seleksi untuk masuk ke Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo sangat tinggi, perbandingannya Satu banding Delapan.” Hal ini menandakan, bahwa Masyarakat sangat menginginkan Putra/i nya bisa masuk ke Politeknik KP Sidoarjo.Pelantikan yang di laksanakan pada hari Minggu 15 Desember di Kampus Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo merupakan Calon Taruna yang dinyatakan telah Lulus seleksi menjadi Calon Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, yang telah mengikuti Kegiatan Pelatihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran bekerjasama dengan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran AL Juanda untuk membentuk Kedisiplinan dan Jiwa Korsa serta Masa Basis.”ujar Bapak Dr.Bambang Suprakto A.PI.S.PI. MT Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan yang dampingi Direktur Politeknik KP Sidoarjo DR. Muh.Hery Riyadi Alaudin S.Pi, M.Si.

Bapak Dr.Bambang Suprakto A.PI.S.PI. MT Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan yang dampingi Direktur Politeknik KP Sidoarjo DR. Muh.Hery Riyadi Alaudin S.Pi, M.Si.

Taruna Politeknik KP Sidoarjo Angkatan XXII dari Jumlah pendaftar 1.368 orang  yang dilantik sebanyak 153 Taruna Baru, terdiri dari 5 ( lima) Program Studi, yaitu:
Teknik Budidaya Perikanan ( TBP) di lengkapi sertifikat CPIB, CPB, MPM.
Teknik Pengolahan Produk Perikanan ( TPPI)
Di lengkapi sertifikat HACCP & SPI
Teknik Penangan Patologi Perikanan ( TPPI)
Di lengkapi sertifikat ahli manajemen kesehatan ikan
Agribisnis perikanan ( AGP)
Di lengkapi sertifikat entrepreneurship
Mekanisasi perikanan ( MP)
Di lengkapi sertifikat ahli mekanisasi perikanan.

Selanjutnya Bapak Bambang Suprakto, juga memberikan statement kepada awak media, bahwa,”Taruna Politeknik KP Sidoarjo sebanyak 50 % merupakan anak Pelaku utama Perikanan (nelayan, Pembudidaya, Pengolah ikan dan Petambak garam) yang tersebar dari berbagai pelosok Daerah mulai Sumatera sampai Papua.”

Beliau juga memberikan Informasi bahwa,”Satuan Pendidikan di bawah Kementerian KP mempunyai 9 sekolah yang setara dengan SMU yaitu SUPM ( Sekolah Usaha Perikanan Menengah) dan Sebelas Pendidikan Tinggi.” Ujarnya.

Pelantikan ini juga di lakukan serentak di seluruh Indonesia. Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa,”dibawah Kepemimpinan Mentri Kelautan dan Perikanan Bapak Edhy Prabowo terjadi lompatan Akselerasi Pendidikan sangat luar biasa dalam rangka peningkatan SDM kelautan dan perikanan, dimana jumlah peserta Didik di minta naik Dua kali lipat.”

Jumlah peserta didik saat ini di Politeknik KP Sidoarjo sebanyak 451 orang,Lima tahun kedepan harus menjadi 1000 orang. Selain itu, jenjang pendidikan ditingkatkan dari Diploma 3 menjadi Diploma 4 dan pada tahun 2020 sudah mulai menerima Calon peserta didik untuk Program D4. Di samping itu Lima tahun kedepan Politeknik Kelautan dan Perikanan sidoarjo harus membuka pasca sarjana terapan. Di tahun 2020 satuan Pendidikan Poltek Kelautan dan Perikanan di bawah Kementerian KP juga membuka Diploma I dalam rangka percepatan melayani masyarakat Nelayan dengan menjemput bola dan pembelajaran langsung dilakukan di TPI maupun Pelabuhan Perikanan.
Di samping itu pihak poltek KP juga akan memberikan Sertifikasi kepada Nelayan yang jumlahnya Satu juta dalam Lima tahun. Masyarakat yang mengikuti Program DI Penangkapan, Budidaya, Pengolahan, kedepannya bisa mandiri dan membuka usaha sendiri dan bermanfaat untuk masyarakat dan kesuksesannya. ( HRN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed