oleh

DINAS PDAM Kabupaten SIDOARJO Menyediakan SPAM ( System Penyediaan Air Minum) 1.200 Liter Perdetik

DINAS PDAM kabupaten SIDOARJO menyediakan SPAM ( System Penyediaan Air Minum) 1.200 Liter Perdetik.

AWIINEWS~SIDOARJO,Jawa Timur
Setelah kunjungan Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa meresmikan (soft launching) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di fasilitas offtake Porong, Sidoarjo, Minggu (22/12/2019). Dari total 96,5 kilometer (km) panjang jaringan pipa dari Kabupaten Pasuruan hingga Kabupaten Gresik, kini tersisa 10.900 meter saja jaringan pipa yang belum tersambung.

Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ini akan melayani 1,3 juta masyarakat di Kabupaten dan Kota Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik, dari 1,9 kilometer pipa yang belum terpasang bisa diselesaikan. Sehingga Januari 2020 seluruh distribusi air bisa maksimal.

SPAM Umbulan dengan kapasitas produksi air minum 4.000 liter per detik ini sekarang sudah mengalir sampai offtake Porong, Sidoarjo. Terdapat 18 fasilitas offtake di lima kabupaten/kota yang siap menampung dan mengalirkan air minum dari reservoir ke masyarakat lewat jaringan pipa, masing-masing untuk Kota Surabaya sebesar 1.000 liter per detik, Kabupaten Pasuruan 410 liter per detik, Kota Pasuruan 110 liter per detik, Kabupaten Sidoarjo 1.200 liter per detik, Kabupaten Gresik 1.000 liter per detik dan PDAB 280 liter per detik.

“Sedangkan Dinas PDAM kabupaten Sidoarjo bisa menyediakan 1.200 liter per detik selama 4 tahun yang mana setiap tahunnya mengeluarkan kurang lebih 200 liter sampai 300 liter per detik dari 120 ribu sampai 140 ribu pelanggan yang ada di kabupaten sidoarjo. Dari 140 ribu pelanggan apabila kurang akan di tambahi 80 ribu perbulan pelanggan untuk 1.200 liter per detik sisanya untuk konsumsi pelanggan yang biasanya pelanggan 20 liter kubik perbulan bisa menjadi 25 liter kubik perbulan per pelanggan.” Ujar Humas Dinas PDAM Bapak Yoyok Supriyanto,SH.

Humas Dinas PDAM Bapak Yoyok Supriyanto,SH.

“Sementara kalau ada tambahan atau peningkatan pelanggan memberikan pelayanan air minum penambahan pelanggan juga meningkatkan konsumsi pelanggan yang dari 1200 liter per detik.” Bapak yoyok supriyanto. SH mengatakan ke awak media TIM WRC(WARTAWAN REAKSI CEPAT) AWIINEWS, Sedangkan untuk jalur umbulan pipanya adanya di jalan tol yang pipanya membujur dari pasuruan, sidoarjo, surabaya, gresik maka dari itu distribusi centernya ada di jalan tol.

Bapak Yoyik mengatakan,”Untuk penempatan distrusi center SPAM yang penempatannya ada 8 titik yang ada di kabupaten sidoarjo seperti di jabon, tanggulangin, candi, KMV buduran, jumput rejo, waru, gedangan perum jaya maspion bahkan di kantor PDAM kab sidoarjo juga ada di belakang kantor.”

“Dari 8 titik distribusi center tersebut bisa memberikan SPAM ( System Penyediaan Air Minum) di wilayah daerah tersebut dan bisa memberikan pelayanan dan penyediaan air minum untuk masyarakat sekitar yang uda jadi pelanggan maupun yang mau pasang baru.” Ujar Bapak Yoyok

“Dengan semakin banyak minat masyarakat kabupaten sidoarjo yang belum memakai air minum bersih di lingkungannya Dinas Perusahaan Daerah Air Minum kabupaten sidoarjo membuka lebar lebar kepada semua masyarakat kabupaten sidoarjo untuk memasang baru menjadi pelanggan PDAM.”imbuhnya.(HRN)

 

 

“SEGENAP DIREKSI, STAF DAN KARYAWAN DINAS PDAM DELTA TIRTA KABUPATEN SIDOARJO MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2020”


H. ABDUL BASIT LAO. SE
———————————–
DIREKTUR UTAMA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed