oleh

Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Gresik Melakukan Aksi Unjuk Rasa Di Depan Kantor Disnaker Kab. Gresik

AWII NEWS~Gresik,

Pada hari rabu 11 November 2020, SPN Kabupaten Gresik melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Disnaker Kab. Gresik.Aksi tersebut bertujuan menolak surat anjuran yang dikeluarkan kadisnaker kab. Gresik, karena dianggap sangat merugikan dan tidak berkeadilan terhadap pekerja/buruh di PT Sinar Karya Duta Abadi yang bernaung didalam Arwana Citra Mulia group beralamat di jl. raya Wringinanom km 33,9 – kec Wringinanom – Kab. Gresik.

Aksi ini dipicu karena adanya PHK sepihak yang dilakukan oleh PT Sinar Karya Duta Abadi terhadap 2 (dua) anggota PSP SPN PT Sinar Karya Duta Abadi yang sampai saat ini belum menemukan titik temu terhitung sejak juni 2020.

Upaya mediasi tripartit sudah 3 (tiga) kali dilakukan tetapi perwakilan dari pihak PT Sinar Karya Duta Abadi baru menghadiri panggilan yang terakhir itupun tidak berani mengambil keputusan, lalu mediator dinas tenaga kerja kab. Gresik malah mengeluarkan surat anjuran pertama yang bersifat abu-abu tanpa kejelasan dan sangat merugikan anggota PSP SPN PT Sinar Karya Duta Abadi. Ali Rodhi selaku ketua DPC SPN Kab. Gresik memprotes/menolak dengan keras serta mengembalikan surat anjuran tersebut kepada dinas ketenagakerjaan kab. Gresik.

Pada  pukul 11.00 WIB dilakukan mediasi yang ke 2(dua) terkait penolakaan surat anjuran tersebut, mediasi dibuka oleh Ninik Asrukin selaku kadisnaker kab. Gresik.

Anis Budiarti selaku pengurus DPC SPN Gresik menyampaikan kepada kadisnakar beserta jajarannya,” agar surat anjuran dirubah sesuai dengan aturan undang-undang ketenagakerjaan yang jelas serta dasar hukum yang jelas dan tidak berpihak ke salah satu pihak” Ungkapnya.

Setelah melakukan audensi muncul hasil kesepakatan bahwa Kadisnaker Ninik Asrukin akan merubah surat anjuran tersebut, Ninik Asrukin menyampaikan, ” Saya mohon kepada perwakilan audensi yang hadir pada hari ini apabila ada permasalahan/keluhan di tiap-tiap perusahaannya bisa disampaikan agar pihak disnaker kab. Gresik dapat membantu serta turun lapangan langsung diperusahaan yang bermasalah.”Ucapnya. (Andreas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed