Aliansi Wartawan Independen Indonesia https://awii.co.id Aliansi Wartawan Independen Indonesia Wed, 31 Mar 2021 05:30:17 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.4 DPD Serikat Pekerja Nasional Jawa Timur Mengikuti Majenas Ke-2 Secara Virtual https://awii.co.id/2021/03/31/dpd-serikat-pekerja-nasional-jawa-timur-mengikuti-majenas-ke-2-secara-virtual/ https://awii.co.id/2021/03/31/dpd-serikat-pekerja-nasional-jawa-timur-mengikuti-majenas-ke-2-secara-virtual/#respond Wed, 31 Mar 2021 05:30:17 +0000 https://awii.co.id/?p=1123 ]]> AWIINEWS~Mojokerto,

Selasa 30 Maret 2021 DPD SPN prov. Jawa Timur mengikuti acara Majenas ke-2 Serikat Pekerja Nasional secara virtual di hotel Royal trawas dikarenakan pandemi covid19 dan tidak bisa menghadiri Majenas ke-2 secara langsung.

acara yang dihadiri oleh DPD SPN Prov. Jawa Timur, DPC SPN se Jatim serta perwakilan dari delegasi. Majenas yang ke-2 ini diadakan dengan tema “mendorong resolusi SPN mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat indonesia melalui Job security, Income security dan Social security” .

lalu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars SPN, setelah mendengarkan materi dari narasumber serta pimpinan sidang, Nuryanto S.H selaku ketua DPD SPN Jatim menyampaikan laporan kinerja di tahun 2020 SPN Jatim secara umum sejak pandemi covid19 yaitu Kondisi pekerja/buruh sejak pandemi covid 19 yang memunculkan berbagai permasalahan sehingga menyerap tenaga serta pikiran para pengurus serikat pekerja pada tingkatan PSP maupun DPC dalam melindungi hak-hak pekerja/buruh guna mencegah adanya PHK sekaligus mengambil langkah yang tepat agar perusahaan tidak gulung tikar/tutup, adapun permasalahan perselisihan yang timbul pada saat itu adalah sebagai berikut :

  1. 1. bekerja secara bergiliran dengan hak upah dibayar tidak sebagaimana mestinya.
    2. pemberihan THR yang tidak sesuai.
    3. ketentuan adanya PHK dengan alasan perusahaan berdampak karena pandemi covid 19.
    4. dan masih banyak perusahaan yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

dengan adanya kebijakan dari pemerintah yang menerapkan PSBB, pegawai dinas tenaga kerja memberlakukan adanya WFH sehingga hal ini membuat penyelesaian perselisihan mengalami hambatan, dengan kondisi-kondisi tersebut maka langkah-langkah konkrit yang dilakukan para pengurus pada tingkatan PSP maupun DPC SPN se Jatim melakukan upaya sebagai berikut :

– melakukan negoisasi kepada pihak pengusaha untuk meminimalisir adanya PHK.
– mengupayakan anggota yang dirumah kan mendapat bantuan dari pemerintah setempat.
– mengoptimalkan penyelesaian perselisihan pada tingkatan musyawarah serta mufakat.

bahwa sejak di munculkannya rancangan UU Omnibuslaw DPD SPN Jatim bersama DPC dan PSP telah melakukan berbagai kegiatan :

– melakukan Workshop kajian RUU Omnibus law dengan nara sumber dari DPP SPN serta akedemisi.
– aktif melakukan gerakan penolakan baik melaksanakan instruksi dari DPP SPN maupun
bersama Aliansi di daerah.
– melakukan pendekatan ke berapa SP/SB dan organisasi Mahasiswa untuk bersama – sama
melakukan gerakan Penolakan.
– perjuangan penetapan UMP, UMK dan UMSK.

disaat kondisi dunia usaha yang belum stabil akibat wabah pandemi covid19, sehingga
membuat Menteri Tenaga Kerja melakukan berbagai Manuver dengan melakukan Intervensi kepada kepala daerah/gubernur untuk tidak menaikan UMK dan tidak
menetapkan UMSK di tahun 2021, akan tetapi berkat penyamaan Visi Perjuangan antar SP/SB se Jatim dengan melakukan gerakan serta tekanan bersama sehingga Gubernur Jatim ditahun 2021 tetap menetapkan UMK bersama UMSK, dan diantara anggota SPN di Kab. Sidoarjo tepatnya pada PT. Ecco Indonesia dan Yamamori dapat menikmati Kenaikan UMSK sebesar 9 % setiap bulan yang terakhir Nuryanto S.H menyampaikan usulan terhadap pelaksanaan Majenas agar dipertimbangkan kembali (2tahun sekali) karena fungsi dan kewenangannya hampir sama dengan Rakernas.(Nur Hasyim/Andreas)

]]>
https://awii.co.id/2021/03/31/dpd-serikat-pekerja-nasional-jawa-timur-mengikuti-majenas-ke-2-secara-virtual/feed/ 0
Pendidikan Dan Konsolidasi DPC SPN Kabupaten Sidoarjo https://awii.co.id/2021/03/26/pendidikan-dan-konsolidasi-dpc-spn-kabupaten-sidoarjo/ https://awii.co.id/2021/03/26/pendidikan-dan-konsolidasi-dpc-spn-kabupaten-sidoarjo/#respond Fri, 26 Mar 2021 16:53:36 +0000 https://awii.co.id/?p=1119 ]]> AWIINEWS~Mojokerto, jumat 26 Maret 2021 bertempat di hotel Royal trawas, DPC SPN kab. Sidoarjo mengadakan acara pendidikan dan konsolidasi dengan tema menyiapkan kemampuan organisasi dalam menghadapi regulasi ketenagakerjaan kedepan.

acara dihadiri oleh Ketua DPD SPN Prov. Jawa Timur Nuryanto S.H beserta jajarannya, Ketua DPC SPN Kab. Sidoarjo Sugiono S.H beserta jajarannya dan perwakilan dari tiap-tiap PSP se kab. Sidoarjo.

Acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars SPN. Bapak Sugiono S.H selaku ketua DPC SPN kab. Sidoarjo menyampaikan dalam pidatonya,”Pendidikan untuk organisasi sangat perlu dilakukan agar pekerja/buruh paham tentang aturan ketenaga kerjaan kedepannya.”Ujarnya.

Sugiono, SH juga memaparkan tentang perjalanan DPC SPN kab. Sidoarjo di tahun 2020 dalam menyelesaikan permasalahaan ketenaga kerjaan di kab. Sidoarjo khususnya di PT.SUM yang proses perjuangannya sangat panjang dan perjuangan UMK/UMSK sehingga di kab. Sidoarjo UMSK masih tetap berjalan sesuai tahun-tahun sebelumnya.

Nuryanto S.H selaku ketua DPD SPN Jawa Timur membuka acara pendidikan dan konsolidasi agar kedepan nya tercipta kader-kader SPN yang berkualitas serta membahas UU 11 tahun 2020 Omnibuslaw klaster ketenagakerjaan khususnya 4 PP (peraturan pemerintah) no 35 tahun 2021 yang belum lama ini telah ditetapkan ole presiden khususnya pasal 34,35,36 yang kedepannya sangat menyengsarahkan kaum buruh.

setelah ishoma acara dilanjut dengan materi “hukum acara pengadilan hubungan industrial” yang disampaikan oleh Budi Pratomo ST. S.H M.H selaku narasumber, beliau memaparkan tentang bagaimana hubungan kerja, perselisian hubungan kerja serta prosedur penyelesaian perselisian hubungan industrial dan juga menyampaikan kepada peserta yang mengikuti acara pendidikan agar mempelajari serta memahami UU 11 tahun 2020 dengan cermat.(Andreas)

]]>
https://awii.co.id/2021/03/26/pendidikan-dan-konsolidasi-dpc-spn-kabupaten-sidoarjo/feed/ 0
Presiden Joko Widodo Melakukan Kunjungan Kerja Ke Beberapa Wilayah Di Jawa Timur https://awii.co.id/2021/03/23/presiden-joko-widodo-melakukan-kunjungan-kerja-ke-beberapa-wilayah-di-jawa-timur/ https://awii.co.id/2021/03/23/presiden-joko-widodo-melakukan-kunjungan-kerja-ke-beberapa-wilayah-di-jawa-timur/#respond Mon, 22 Mar 2021 20:06:31 +0000 https://awii.co.id/?p=1113 ]]> AWIINEWS~Jawa Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Senin (22/3/2021). Salah satu agendanya, memantau vaksinasi massal di sejumlah daerah.

Setibanya di bandara internasional Juanda Kab. Sidoarjo, Presiden beserta rombongan melakukan perjalanan menuju Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Ditempat tersebut Presiden meninjau jalannya vaksinasi masal.

Dari Sidoarjo Presiden Joko Widodo melanjutkan perjalanan ke beberapa daerah di Jawa Timur, di Pasuruan dan Jombang.

Setelah sowan ke sejumlah kiai di Jawa Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan terkait vaksin COVID-19 AstraZeneca. Jokowi meminta Menkes Budi Gunadi Sadikin segera mendistribuskan vaksin AstraZeneca.

Di lokasi tersebut, Presiden Jokowi menyatakan para kiai di Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan vaksin itu akan segera digunakan di pondok pesantren.

“Saya bertemu dengan MUI Jatim, dengan para kiai di Jatim mengenai vaksin AstraZeneca. Beliau-beliau menyampaikan bahwa Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok pesantren-pondok pesantren yang ada di Jatim,” Ucapnya.

“Saya kira ini patut kita apresiasi,” sambungnya.

Jokowi juga memerintahkan vaksin AstraZeneca segera didistribusikan. Arahan diberikan ke Menkes Budi Gunadi Sadikin.

“Tadi saya sudah memerintahkan ke Menkes untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jatim dan provinsi lain,” katanya.

Dalam kunjungannya di Jatim ini, Presiden Jokowi ingin melihat langsung jalannya vaksinasi di daerah. Dia ingin mengecek antusiasme warga dan kesiapan fasilitas kesehatan.

“Saya berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo untuk melihat proses vaksinasi. Saya ingin memastikan antusias dari masyarakat besar dalam ikut program vaksinasi ini. Saya juga ingin memastikan kesiapan baik dari kabupaten, RS, puskesmas yang ada. Saya harap ke depan, vaksinasi nasional bisa berjalan baik dan lancar.” Paparnya.

Ketua MUI Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah juga angkat bicara mengenai vaksin AstraZeneca. Dia menegaskan vaksin itu dapat dimanfaatkan untuk program vaksinasi.

“Tadi pagi Bapak Presiden telah bertemu dengan kiai sepuh dan bapak presiden langsung mendengarkan apa pendapat dan respons dari para romo, kiai, para pengasuh pondok pesantren, bahwa vaksin Astrazeneca ini hukumnya halalan dan thayyiban,” Ungkap Kiai Hasan.

“Dan memang seharusnya untuk dimanfaatkan program vaksinasi ini karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya, tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri,” lanjutnya.

Kiai Hasan mengatakan MUI segera menyampaikan fatwa kehalalan vaksin AstraZeneca.“Demikian juga insyaallah MUI sesuai dengan hasil audit LPOM, dan hasil musyawarah komisi fatwa hari ini akan memberikan fatwa kehalalan penggunaan AstraZeneca dan keamanan penggunaannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kiai Hasan mengatakan pihaknya siap menerima vaksin AstraZeneca lebih awal. Dia berharap penggunaan vaksin itu dapat ditiru oleh seluruh unsur masyarakat lain.

“Dan kami berterima kasih kepada Bapak Presiden apabila para santri juga para ustaz, ustazah, hafiz dan hafizah akan segera diberi vaksin AstraZeneca ini, dan kami bersyukur mudah-mudahan ini dapat ditiru oleh komponen masyarakat lain.” Pungkasnya. (*)

]]>
https://awii.co.id/2021/03/23/presiden-joko-widodo-melakukan-kunjungan-kerja-ke-beberapa-wilayah-di-jawa-timur/feed/ 0
DPD SERIKAT PEKERJA NASIONAL PROV. JAWA TIMUR MENGADAKAAN RAPAT KOORDINASI DI TRAWAS MOJOKERTO https://awii.co.id/2021/03/14/dpd-serikat-pekerja-nasional-prov-jawa-timur-mengadakaan-rapat-koordinasi-di-trawas-mojokerto/ https://awii.co.id/2021/03/14/dpd-serikat-pekerja-nasional-prov-jawa-timur-mengadakaan-rapat-koordinasi-di-trawas-mojokerto/#respond Sat, 13 Mar 2021 22:23:56 +0000 https://awii.co.id/?p=1107 ]]>

AWIINEWS~Mojokerto, 12-13 Maret 2021 bertempat di hotel Royal Trawas DPD SPN(SERIKAT PEKERJA NASIONAL) prov. Jawa Timur melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka

menyikapi tentang agenda Majenas yang akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Maret 2021 di Bandung serta diskusi terkait pasca diterbitkannya peraturan pemerintah pelaksanaan UU 11 tahun 2021.

Rakordasus dihadiri oleh pengurus DPC SPN se provinsi Jawa Timur beserta jajaran pengurus DPD SPN Jawa Timur.

Acara dibuka oleh Nuryanto S.H selaku ketua DPD SPN Jawa Timur dengan pembahasan :

1. persiapan SPN Jawa Timur untuk menyambut agenda Majenas yang akan dilaksanakan dibandung dan SPN Jawa Timur akan mengikuti Majenas secara virtual selama 2hari dihotel Royal Trawas dikarenakan pandemi covid 19 saat ini.

2. mensikapi rapat virtual SPN yang akan dilaksanakan pada setiap hari rabu.

3. diskusi penerapan PKWT dalam tinjauan yuridis UU Cika dan PP no 35,36,37 tahun 2021.

Ketua DPC SPN Kab. Sidoarjo Bapak Sugiono, SH menyampaikan bahwa,”Agenda diskusi ini juga perlu diadakan secara menyeluruh,agar semua anggota mengerti kandungan yang ada dalam PP tersebut.”

Ketua DPD SPN Jawa Timur Bapak Nuryanto, SH menambahkan bahwa,”Diskusi ini sangat perlu diadakan karena pembahasan PP tahun 2021 ini banyak terkandung pasal yang tumpang tindih.”Ucapnya.

Sesi diskusi dibuka dengan penyampaian dari masing-masing ketua DPC SPN se Jawa Timur serta tanya jawab terkait pasal UU Cika dan PP no 35,36,37 tahun 2021.

Adi Pramana pengurus DPD SPN Jawa Timur juga menyampaikan,”Tentang penerapan pasal 185 UU Cika dalam melindungi hak pesangon pekerja/buruh yang menjadi salah satu topik permasalahaan buruh saat ini.”Imbuhnya.(Hasim/Andreas)

]]>
https://awii.co.id/2021/03/14/dpd-serikat-pekerja-nasional-prov-jawa-timur-mengadakaan-rapat-koordinasi-di-trawas-mojokerto/feed/ 0
Tunjukan Solidaritas, Demokrat Sidoarjo Gelar Do’a Bersama Demi Keutuhan Demokrat https://awii.co.id/2021/03/09/1101/ https://awii.co.id/2021/03/09/1101/#respond Tue, 09 Mar 2021 14:38:22 +0000 https://awii.co.id/?p=1101 ]]> Tunjukan Solidaritas, Demokrat Sidoarjo Gelar Do’a Bersama Demi Keutuhan Demokrat

AWIINEWS-Sidoarjo,

Selasa (9/3/2021) sore di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo DPC Partai Demokrat  Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menggelar do’a bersama demi keutuhan Partai Demokrat. Para pengurus di tingkat DPC dan fraksi,  menyatakan sikap sebagai kader loyalis Mas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan ketua umum yang sah.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Sidoarjo, Eny Suryani mengatakan, “kongres luar biasa (KLB) yang diadakan oleh eks kader Partai Demokrat dengan menghasilkan kepala staf presidenan Moeldoko sebagai ketua umum, tidak akan membawa dampak signifikan untuk menggoyang soliditas kader Demokrat.”

“Kita harapkan dari doa bersam ini untuk Partai Demokrat dan ketua umum kita mas AHY, supaya diberi kekuatan bahwa AHY adalah ketua umum kita yang legal,” kata Eny kepada awak media.

Eny menambahkan, “Para kader di jajaran tingkat DPC, PAC hingga ranting siap untuk mengawal AHY sebagai ketua umum Partai Demokrat, dan hingga saat ini partai demokrat di Jawa timur khususnya Sidoarjo kondusif semua.”

“Saya raya untuk jawa timur kondusif semua. Itu harapan kita disitu. Kita tunjukkan bahwa disini kita tidak ada gejolak. Karena kita tau mas AHY betul betul ketum kita yang legal,” Ucap Eny.

Acara digelar dengan pemotongan tumpeng, dihadiri para pengurus DPC, PAC dan anggota legislatif fraksi Demokrat DPRD Sidoarjo Jahlul Yusar dan Agil Efendi.

Eny berharap, agar para kader dan pengurus DPC, PAC dan anggota dewan fraksi demokratnya di Sidoarjo diharapkan tetap mengikuti arahan dari pengurus pusat, yakni ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono.(hs)

]]>
https://awii.co.id/2021/03/09/1101/feed/ 0
Anniversary Komando 1 st Terlaksana Di Kota Batu Malang https://awii.co.id/2021/03/02/anniversary-komando-1-st-terlaksana-di-kota-batu-malang/ https://awii.co.id/2021/03/02/anniversary-komando-1-st-terlaksana-di-kota-batu-malang/#respond Mon, 01 Mar 2021 18:10:16 +0000 https://awii.co.id/?p=1091 ]]> Anniversary Komando 1 st Terlaksana Di Kota Batu Malang

AWIINEWS- Malang

Komando merupakan KOMunitas Accent Indonesia / komunitas pecinta mobil Hyunday jenis sedan yang terbentuk di Sidoarjo pada tanggal 22 Februari 2020 yang di bentuk Oleh Ferly yang juga selaku ketua KOMANDO.

Komando hingga saat ini memiliki 46 mamber yang tersebar di seluruh wilayah Jawa timur hingga luar Jawa timur.Komando di bentuk atas dasar silaturrahmi antar pecinta mobil Hyundai jenis sedan yang mana para member komando bisa saling berbagi pengalaman tentang perawatan mobil Hyundai jenis sedan tersebut.

Anniversary Komando (Komunitas Accent Indonesia) yang pertama diadakan di Villa Semeru Batu, Malang Jawa Timur pada hari Sabtu dan Minggu tgl 27-28 Februari 2021.

Pada acara anniversary terebut terlaksana berkat kerjasama antar tim yang saling suport serta patungan dan adanya donatur dari para member komando.

Jurnalis AWIINEWS mengkonfirmasi ketua Komando By Phone dan Whatsap terkait adanya kegiatan anniversary tersebut, Ferly mengatakan bahwa,” Anniversary Komando yang pertama ini kami adakan di kota batu sebagai bentuk mempererat persaudaraan antar member, sehingga kita bisa saling mengenal dan saling akrab, syukur Alhamdulillah acara terlaksana dengan sangat meriah,guyub,rukun, karena pada puncak acara kita adakan potong tumpeng dan juga saling bertukar kado.”Ucapnya.

Ferly (Ketua KOMANDO)

Ferly menambahkan,”Harapan saya dalam terlaksananya anniversary yang pertama ini merupakan sebagai motivasi para member, semoga di anniversary selanjutnya KOMANDO sudah memiliki AD/ART yang sah, sehingga tidak di anggap sebagai komunitas ilegal dan sah di mata Hukum yang berlaku di Indonesia.” Pungkasnya.

Anniversary Komando tersebut di hadiri 15 member dan keluarganya masing-masing, sehingga acara berlangsung sangat meriah walaupun tidak semua member bisa menghadiri acara tersebut.(hs)

]]>
https://awii.co.id/2021/03/02/anniversary-komando-1-st-terlaksana-di-kota-batu-malang/feed/ 0
DPC SPN Kabupaten Gresik Mendistribusikan Dana Bantuan Sosial Kepada Para Korban Bencana Banjir Di Kabupaten Gresik https://awii.co.id/2020/12/20/dpc-spn-kabupaten-gresik-mendistribusikan-dana-bantuan-sosial-kepada-para-korban-bencana-banjir-di-kabupaten-gresik/ https://awii.co.id/2020/12/20/dpc-spn-kabupaten-gresik-mendistribusikan-dana-bantuan-sosial-kepada-para-korban-bencana-banjir-di-kabupaten-gresik/#respond Sun, 20 Dec 2020 15:39:17 +0000 https://awii.co.id/?p=1087 ]]> DPC SPN Kabupaten Gresik Mendistribusikan Dana Bantuan Sosial Kepada Para Korban Bencana Banjir Di Kabupaten Gresik

AWIINEWS ~Gresik

Minggu, 20 Desember 2020 DPC SPN Kab. Gresik mendistribusikan bantuan penggalangan bakti sosial yang dikumpulkan oleh PSP SPN se-Kab. Gresik untuk korban bencana banjir di Kab. Gresik, Jawa Timur. Penyerahan bantuan diberangkatkan pada pukul 10.00 WIB didepan PT. Weltes sebagai titik kumpul, serta didampingi perwakilan DPD SPN Jatim, pengurus PSP SPN dan dikawal Laskar Nasional SPN.

Penyerahan bantuan diberikan kedua titik daerah bencana yang berbeda, pertama diserahkan di desa Sedapur Klagen, RT 4 RW 2- Kec. Benjeng, Kab Gresik dan yang kedua di desa Ndeliksumber dusun Mbulang RT 1 Kab. Gresik.

Kendati demikian, warga yang terkena dampak banjir di Kab. Gresik, membutuhkan air bersih untuk kesehariannya, makanan serta obat-obatan.

“alhamdulillah bahwa anggota SPN Kab. Gresik mempunyai rasa peduli kemanusian yang tinggi dan kompak terhadap musibah bencana alam khususnya korban banjir di Kab Gresik.”Ungkap Anis Budiarti, Pengurus DPC SPN Kab.Gresik.

Penyaluran Dana Bantuan Sosial Kepada Para Korban Banjir dari Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Gresik

“Terimakasih sudah datang kemari, memberikan bantuan, semoga pemberian ini jadi amal baik dan dibalas Allah dengan balasan yang dari apa yang sudah diberikan kepada kami.” Ucap Suparno warga korban banjir yang memberikan tanggapan saat selesai penyerahan bantuan.

Choirul Anam selaku pengurus DPC SPN Kab. Gresik serta penanggung jawab bakti sosial korban bencana banjir mengatakan ,”Semoga agenda bansos akan dilakukan setiap tahunnya dan menjadi agenda rutinitas oleh SPN Kab. Gresik serta menjadi berkah dan bermanfaat bagi warga.”Pungkasnya. (Andreas)

]]>
https://awii.co.id/2020/12/20/dpc-spn-kabupaten-gresik-mendistribusikan-dana-bantuan-sosial-kepada-para-korban-bencana-banjir-di-kabupaten-gresik/feed/ 0
PENDIDIKAN KE-11 PSP SPN PT. Kerta Rajasa https://awii.co.id/2020/12/06/pendidikan-ke-11-psp-spn-pt-kerta-rajasa/ https://awii.co.id/2020/12/06/pendidikan-ke-11-psp-spn-pt-kerta-rajasa/#respond Sat, 05 Dec 2020 18:47:49 +0000 https://awii.co.id/?p=1084 ]]> PENDIDIKAN KE-11 PSP SPN PT. Kerta Rajasa

AWIINEWS~Mojokerto

Bertempat di villa kebun pakis Pacet, PSP SPN PT. Kerta Rajasa mengadakan pendidikan yang ke 11 selama 3 hari tertanggal 4-6 Desember 2020 yang bertujuan untuk anggota dengan tema “pengetahuan adalah kekuatan, pendorong semangat (spirit) solidaritas, jalan berjuang dengan penuh disiplin, sukarela, menentukan bertahan dan majunya organisasi serikat pekerja”.

Acara dihadiri oleh Ketua DPD SPN Prov. Jawa Timur Nuryanto, SH beserta jajarannya, Ketua DPC SPN Kab. Sidoarjo Sugiono, SH beserta jajarannya, perwakilan management perusahaan Bagus Hernanda, mbah Sumali sebagai narasumber dan juga penggurus serta perwakilan anggota PSP SPN PT. Kerta Rajasa

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars SPN, Khoirul Anam selaku ketua PSP SPN PT. KRR membuka acara serta menyampaikan bahwa,”Pendidikan untuk organisasi sangat perlu dilakukan, maka akan terus diadakan berkelanjutan agar pekerja/buruh selalu update info tentang ketenagakerjaan serta tidak tertinggal.” Ungkapnya.

Bagus Hernanda selaku perwakilan management perusahaan bangga dengan diadakannya pendidikan PSP SPN PT. KRR yang ke-11,  harapannya perusahaan agar tetap selalu menjaga komunikasi yang selama ini berjalan harmonis antara perusahaan dan pekerja, serta ikut merasa memiliki, menjaga perusahaan agar perusahaan tidak sampai terpuruk seperti perusahaan-perusahaan lain dimasa pandemi ini.

Sesi acara selanjutnya, dilanjut oleh mbah Sumali sebagai narasumber membahas tentang yang lagi tranding topik bagi pekerja/buruh yaitu omnibuslaw klaster ketenagakerjaan karena sangat merugikan serta melemahkan hak-hak pekerja/buruh. Hari ke-2, Sabtu pagi,agar semakin fres dan tidak jenuh para peserta diajak untuk bermainan guna menguatkan soliditas dan solidaritas bagi PSP SPN PT. KRR,

Pada pukul 11.30 WIB  Edi Kuncoro, SH membuka acara tentang mirisnya Omnibus law klaster ketenangakerjaan yang telah disahkan oleh pemerintah menjadi UU 11 tahun 2020 beberapa waktu yang lalu dengan alasan mempermudah investasi padahal yang menghambat investasi bukanlah aturan ketenagakerjaan tetapi dari tingkat korupsi di Indonesia yang sangat tinggi.

Edi Kuncoro pun mengkritisi khususnya di pasal tentang PHK, upah perjam yang akan menjamur serta pasal-pasal yang telah dihapus di UU 11 tahun 2020 sangat mengerikan bagi pekerja/buruh kedepannya. maka peran serikat pekerja harus membentengi serta memperjuangkan perlindungan hak-hak bagi pekerja khususnya di PT Kerja Rajasa.

Setelah Istirahat acara dilanjut dengan Bapak Nuryanto, SH selaku ketua DPD SPN Jatim menyampaikan,”Bahwa pemerintah melakukan regulasi yang tidak memperhatikan aspirasi pekerja/buruh dengan mengesahkannya UU 11 tahun 2020 yang sangat menyengsarahkan pekerja/buruh bahkan sekarang pemerintah malah menurunkan nilai KHL untuk penetapan UMK saat ini dengan pandemi corona yang dibuat alasan, dengan itu SPN juga tetap berjuang menolak/mengugat 68 pasal yang ada di UU 11 tahun 2020 lewat jalur mahkamah konstitusi.”Ucapnya.

Nuryanto, SH juga berharap agar PSP SPN PT. KRR kesolidan serta solidaritasnya harus tetap dipertahankan dan dijaga. Setelah itu Adi Pramana selaku penggurus DPD SPN Jatim membuka tanya jawab kepada peserta pendidikan.

Acara dilanjut oleh Bapak Sugiono S.H selaku ketua DPC SPN Kab. Sidoarjo yang mengapresiasi terhadap pendidikan PSP SPN PT. KRR ini karena sudah 11 kali sudah dilakukan dan harus dipertahankan kedepannya.

Bapak Sugiono SH menambahkan,”harap saya melalui pendidikan organisasi ini, perwakilan yang menghadiri harus lebih amanah dalam mengemban tugas-tugas organisasi demi kesejahteraan pekerja/buruh, serta SPN Kab. Sidoarjo bersama aliansi buruh tetap bergerak memperjuangkan UMSK tahun 2021.”Pungkasnya.(Andreas)

]]>
https://awii.co.id/2020/12/06/pendidikan-ke-11-psp-spn-pt-kerta-rajasa/feed/ 0
Camat Candi Sesalkan Netralitas Oknum Kades. https://awii.co.id/2020/12/01/camat-candi-sesalkan-netralitas-oknum-kades/ https://awii.co.id/2020/12/01/camat-candi-sesalkan-netralitas-oknum-kades/#respond Tue, 01 Dec 2020 04:53:16 +0000 https://awii.co.id/?p=1080 ]]> Camat Candi Sesalkan Netralitas Oknum Kades.

AWIINEWS ~ Sidoarjo

Netralitas oknum Kepala Desa dipertanyakan, Camat Candi, Sidoarjo menyayangkan dugaan keikutsertaan Kepala Desa Durungbanjar, M Zaenal Abidin yang terlibat kampanye dengan mendukung salah satu Paslon peserta Pilkada Sidoarjo 2020 ini.

Saat di konfirmasi awak media, Camat Candi mengatakan, “Saya tidak tahu sendiri kejadian saat Pak Kades Durungbanjar kampanye itu. Saya tahunya di informasikan Ketua Panwascam Candi,” Ucap, Ahmad Iwan Jauhari, Camat Candi Sidoarjo.

Ahmad Iwan Jauri Menambahkan, “jika mengenai teguran, saya belum melakukan teguran secara kelembagaan terhadap Zaenal Abidin, tetapi teguran secara lisan ataupun pribadi sudah saya lakukan.”Tandasnya.

“Iya Pak Zaenal mengetahui kalau dia salah, kampanyekan Paslon no 2. Mungkin karena beliau sempat menjadi dewan syuro PKB dulunya mungkin masih terbawa suasana untuk mendukung kader PKB yang mencalonkan diri sebagai calon Bupati Sidoarjo itu,” ungkapnya.

Lebih jauh Ahmad mengaku jika dirinya sudah dipanggil Bawaslu dan sudah memberikan klarifikasi ke penyelenggara pemilu tersebut.

“Satu Minggu kemarin saya sudah menjalani pemeriksaan di Bawaslu Kabupaten Sidoarjo. Hingga saat ini dari pemanggilan tersebut belum ada keputusan dan kalau memang dibutuhkan, saya siap dipanggil lagi oleh Bawaslu,” tegas Camat.(dreeas)

]]>
https://awii.co.id/2020/12/01/camat-candi-sesalkan-netralitas-oknum-kades/feed/ 0
Persatuan Pekerja Buruh Sidoarjo (PPBS) Melakukan Aksi Unjuk Rasa Damai Dalam Mengawal Kenaikan UMK Dan UMSK Tahun 2021 Serta Menolak OMNIBUS LAW https://awii.co.id/2020/11/19/persatuan-pekerja-buruh-sidoarjo-ppbs-melakukan-aksi-unjuk-rasa-damai-dalam-mengawal-kenaikan-umk-dan-umsk-tahun-2021-serta-menolak-omnibus-law/ https://awii.co.id/2020/11/19/persatuan-pekerja-buruh-sidoarjo-ppbs-melakukan-aksi-unjuk-rasa-damai-dalam-mengawal-kenaikan-umk-dan-umsk-tahun-2021-serta-menolak-omnibus-law/#respond Thu, 19 Nov 2020 16:43:44 +0000 https://awii.co.id/?p=1076 ]]> AWII NEWS ~ SIDOARJO

Pada hari kamis, 19 November 2020 bertempat didepan pendopo kab. Sidoarjo DPC SPN Kab Sidoarjo beserta serikat pekerja / serikat buruh yang tergabung didalam  persatuan pekerja buruh Sidoarjo (PPBS) melakukan aksi unjuk rasa guna mengawal UMK/UMSK tahun 2021 serta kepastian kenaikan upah di kab. Sidoarjo agar pj bupati Sidoarjo Hudiyono segera menandatangani.

Setelah menunggu cukup lama, pukul 13.00 WIB Khoirul Anam selaku korlap dari massa aksi menyampaikan bahwa,” PJ Bupati kab. Sidoarjo telah menandatangani surat usulan ulang upah minimum kab. Sidoarjo tahun 2021 dengan kenaikan berdasarkan PP No. 78 tahun 2015 yang sesuai pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional sebesar 3.27% yaitu Rp. 137.130,13. jadi untuk upah tahun 2021 kab. Sidoarjo sebesar Rp. 4.330.711,98 serta UMSK sebesar 11%, 9%, dan 7% .” Ucap nya.

 

Setelah masa aksi mendapat kepastian kenaikan upah di kab. Sidoarjo, massa aksi melanjutkan pergerakan ke kantor gubernur Jawa Timur dan bergabung dengan ribuan buruh se Jawa Timur yang sudah menunggu didepan kantor gubernuran guna mengawal UMK/UMSK agar Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa segera menetapkan rekomendasi dari setiap daerah.

 

Setibah didepan kantor gubernur Jawa Timur perwakilan dari masa aksi melakukan orasi secara bergantian dan tepat pukul 17.20 WIB perwakilan dari massa aksi baru ditemui dan langsung mengadakan rapat. setelah perwakilan dari buruh keluar, ” jika hari ini Gubernur Jawa Timur belum bisa menetapkan kami buruh akan tetap mengawal agar penetapan UMK/UMSK Jawa Timur tahun 2021 segera ditetapkan” ujar Jazuli selaku perwakilan dari massa aksi. Dalam aksi tersebut  massa aksi membubarkan diri dengan damai.(Andreas)

]]>
https://awii.co.id/2020/11/19/persatuan-pekerja-buruh-sidoarjo-ppbs-melakukan-aksi-unjuk-rasa-damai-dalam-mengawal-kenaikan-umk-dan-umsk-tahun-2021-serta-menolak-omnibus-law/feed/ 0